SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA RAKIT  

Pelatihan Kewirausahaan Pengelolaan Sampah " Pembuatan Paving Blok Berbahan Dasar Limbah Plastik"

16 Februari 2020 21:42:26 Berita Desa

Minggu, 16 Februari 2020, pemerintah Desa Rakit bekerjasama dengan Pemuda Dusun Bulu Desa Rakit telah melaksanakan pelatihan kewirausahaan pengelolaan sampah, yaitu pembuatan paving blok berbahan dasar limbah plastik. 

Sampah merupakan permasalahan yang sangat vital bagi lingkungan masyarakat. Jika tidak dikelola dengan baik maka dapat menimbulkan pencemaran dan merusak keindahan & estetika lingkungan sekitar. Pemuda Dusun Bulu Desa Rakit yang terkumpul dalam organisasi pemuda yaitu GEMPUR BUKIT (Gerakan Masyarakat Pemuda Rasional Bulu Rakit)  tak lama ini telah menemukan salah satu solusi, sebagai upaya pengurangan pencemaran dan penumpukan sampah plastik, yaitu dengan cara dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan paving blok.

Paving blok dari limbah plastik dibuat dengan metode yang sama seperti pembuatan paving blok pada umumnya. Hanya saja bahan dasar biasanya terdiri dari elemen utama pasir, semen, & abu batu. Dalam hal ini kemudian dilakukan pengurangan bahan tersebut melainkan diganti dengan limbah plastik (yang dibakar) sehingga hasilnya bisa lebih halus dan lebih kuat karena mengandung substrat plastik. Narasumber pada pelatihan ini yaitu pelaku usaha pengembangan produk paving blok dari limbah plastik beliau Bapak Budi Raharjo. Pelatihan dihadiri oleh Kepala Desa Rakit Bapak Fajar Tugiman, beserta perangkat desa, pemuda-pemuda dusun bulu, dan peserta/masyarakat. Bapak Budi Raharjo menegaskan bahwa, "Pemanfaatan limbah plastik ini sangat bagus karena disamping kita mengurangi pencemaran sampah, tapi juga menjadi barang yang bernilai ekonomi.  Diharapkan Pemerintah Desa dan warga Desa Rakit turut serta dan bekerjasama dalam upaya ini". 

Komentar atas Pelatihan Kewirausahaan Pengelolaan Sampah " Pembuatan Paving Blok Berbahan Dasar Limbah Plastik"

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Sinergi Program

Persada Training

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln Raya PU No 89 Rakit Banjarnegara
Desa Rakit
Kecamatan Rakit
Kabupaten Banjarnegara
Kodepos 53463
Telepon (0286)5988951
Email pemdesrakit@gmail.com