SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA RAKIT  

Shooting Profil Puskesmas Rakit 1

25 November 2019 02:30:58 Berita Desa

SHOOTING PROFIL PUSKESMAS RAKIT 1

#BERITA RAKIT (Senin, 25 November 2019)

Untuk mendukung program kesehatan secara lebih meluas ke seluruh warga Desa Rakit, tim dokumenter kesehatan melaksanakan shooting pembuatan profil program kesehatan dibawah UPT Puskesmas Rakit 1 yang di laksanakan di Desa Rakit. Dengan harapan makin memperluas wawasan masyarakat akan gaya hidup sehat dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aspek kesehatan khususnya kesehatan ibu dan anak.

Hari ini , Senin 25 November 2019, kegiatan  yang di liput salah satunya yaitu POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu) untuk balita, POSBINDU (Pos Binaan Terpadu), dan kelas ibu hamil. POSYANDU RUKUN WANITA 1 yang hari ini dilaksanakan di PAUD ROUDLOTUN NAJAH dihadiri oleh Bidan Desa Rakit, petugas kesehatan Puskesmas Rakit 1, Kepala Dusun setempat, PPKBD Desa Rakit, dan 10 orang kader kesehatan. 

Posyandu balita ini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan balita, dan panjang badan & lingkar kepala bayi. Penimbangan dan pengukuran badan bayi dan balita rutin dilakukan setiap bulan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin jika ada penyimpangan pada pertumbuhan balita. Kemudian, dilakukan pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran. Pencatatan dilakukan untuk mengetahui status pertumbuhan balita. Selanjutnya, ada juga penyuluhan maupun konsultasi kesehatan ibu dan anak oleh bidan desa ataupun dari kader kesehatan. 

Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi. Oleh karena itu sasaran Posbindu cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas. Dalam posbindu warga dapat mengecek komponen kesehatan seperti berat badan, tinggi badan, indeks masa tubuh (IMT) sehingga bisa menganalisa sekaligus mendeteksi adanya potensi penyakit tidak menular yang saat ini sering menyerang manusia seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, dll.

Kelas Ibu Hamil ini merupakan sarana bagi warga untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, dan penyakit menular.

 
 

Komentar atas Shooting Profil Puskesmas Rakit 1

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Sinergi Program

Persada Training

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jln Raya PU No 89 Rakit Banjarnegara
Desa Rakit
Kecamatan Rakit
Kabupaten Banjarnegara
Kodepos 53463
Telepon (0286)5988951
Email pemdesrakit@gmail.com